PUSTAKA IIMaN
When You Buy A Book You Don’t Just Buy Papers, You Buy A Value Of Life!

Resensi Buku “Terapi Al-Qur’an Menghindari Kefakiran”

terapialquran_blog.jpg

Terapi Qur’an Agar Hidup Berkecukupan

Judul Buku : Terapi Al-Qur’an Menghindari Kefakiran

Judul Asli : Asbabur Rizki

Penulis : Salahuddin Said

Editor : Wijdan F.

Penerbit : Pustaka IIMaN, Depok

Cetakan : I, Januari 2007

Tebal Buku : V + 229 halaman

Hidup berkecukupan, tentu, dambaan setiap kita. Di setiap waktu, kita selalu berharap karunia-Nya berupa rezeki yang melimpah, badan sehat dan tidak sakit-sakitan, serta jauh dari segala bentuk kesulitan hidup. Setiap hari, siang dan malam, malam dan siang, kita selalu mengharap rezeki datang dengan mudah ke pangkuan kita. Demi itu semua, tak jarang, kita harus bekerja hampir tak mengenal waktu istirahat, tak kenal lelah pula. Hampir-hampir, tak ada waktu untuk mengurus diri sendiri.

Bekerja keras itu harus. Namun tak ada salahnya jika kita memperkaya wawasan dengan pengetahuan tentang bagaimana sebab-sebab datangnya rezeki. Tentu, menurut pandangan yang disarikan dari sumber utama ajaran Islam, al-Qur’an. Inilah yang menjadi bahasan utama buku sederhana ini.

Sesuai judulnya, Terapi Al-Qur’an Menghindari Kefakiran yang diterjemahkan dari Asbabur Rizqi, buku ini berisi semacam terapi agar kita dimudahkan dalam memperoleh rezeki dan segenap kebaikan-kebaikan hidup agar kita selalu hidup dalam kecukupan. Di antara terapi yang ditulis di buku ini, misalnya, beristighfar dan bertaubat. Alkisah, sejumlah pengalaman menunjukkan, beristighfar dan bertaubat mengantarkan sejumlah orang yang diceritakan dalam buku ini beroleh karunia rezeki yang luas dan selamat dari kesulitan hidup yang dihadapinya.

Sebetulnya, tema-tema seperti yang dipaparkan dalam buku ini sering kita dengar melalui ceramah-ceramah di majelis-majelis taklim, khutbah jum’at, maupun forum-forum pengajian. Sungguhpun nasehat-nasehat semacam ini cukup sering kita dengar, namun menjadi pengamalnya tidaklah mudah. Acapkali kita abai terhadap seruan semacam itu.

Melalui bahasanya yang ringan, plus dilengkapi dengan kisah nyata keberhasilan sejumlah orang yang istiqamah mengamalkan ‘terapi’ dari al-Qur’an supaya hidup berkecukupan, mudah-mudahan buku ini memberi motivasi tersendiri kepada kita dan siapa pun yang membacanya. Motivasi untuk hidup lurus dan lebih istiqamah menjadi pengamal segenap amaliah ajaran Islam. Jika demikian adanya, meski buku ini dikemas dalam bentuk kecil, boleh jadi muatan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya menggambarkan kandungan ajaran Islam yang sarat dengan nilai-nilai luhur.

Arifin, Majalah Hidayah Edisi 73, Agustus 2007

Belum Ada Tanggapan to “Resensi Buku “Terapi Al-Qur’an Menghindari Kefakiran””

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: