PUSTAKA IIMaN
When You Buy A Book You Don’t Just Buy Papers, You Buy A Value Of Life!

Konflik Palestina dalam Perspektif Baru

Resensi Buku

Sering bila kita membaca tulisan atau buku mengenai Palestina yang ditulis penulis muslim, sudut pandangnya adalah perang atau jihad.

Namun dalam buku ini memberikan perspektif baru. Penulisnya, Dina Y. Sulaeman, urang awak asli yang kini tinggal di Bandung, memulai proses penulisan buku ini dengan berbagai kegelisahan dan tanya. Seperti apakah sesungguhnya situasi di luar sana? Apa yang benar-benar dirasakan orang Palestina?

Bagaimana sebenarnya isi hati orang-orang Israel sendiri? Di manakah jalan keluar? Berbagai kegelisahan dan pertanyaannya terjawab setelah ia menelaah pidato-pidato Presiders Iran Dr. Mahmoud Ahmadinejad.

Di antara solusi yang- ditawarkan Ahmadinejad adalah one state solution, sebuah solusi yang sebenarnya. juga banyak diungkapkan sebagian peneliti masalah Palestine, namun gaungnya tak terdengar keras dalam kancah politik Timur Tengah. Penyebabnya apalagi kalau bukan karena Amerika Serikat dan rezim Zionis Israel sama sekali tak sepakat pada “solusi satu negara” ini.

Di tangan Dina, one state solution ini dibahas dengan gamblang dan sederhana, sehingga mudah dimengerti dan diterima logika. Namun, tentu saja, penerapannya tak semudah itu.

Rezim Zionis tidak akan membiarkan solusi ini teraplikasikan karena konsekuensinya, rezim ini harus dibubarkan dan dibentuk satu pemerintahan baru bersama Arab-Palestina dan Yahudi-Palestina. Solusi ini mirip dengan apa yang telah berhasil diterapkan di Afrika Selatan, dimana rezim Apartheid dibubarkan dan dibentuk negara yang mengakui kesamaan hak kaum kulit putih dan kulit hitam.

Buku ini diberi endorsement oleh 6 pakar politik dari Universitas Padjadjaran, antara lain : Prof., (em) Judistira K.Garna, Ph.D, Dr. Dede Mariana, Wawan Budi Darmawan, M.Si, R. Widya Setiabudi, M.T., Budi Utomo M.Si, dan Arry Bainus, M.A.

Menarik mengamati komentar Budi Utomo M.Si, dosen Ilmu Politik Unpad : “Delapan tahun menetap di Iran membuat tulisan Dina mengenai Timur Tengah, Palestina-Israel

memiliki sudut pandang yang berbeda dari kebanyakan tulisan terkait. Pertanyaan-pertanyaan seperti mengapa harus repot-repot memikirkan konflik Palestina-Israel? Apa orang-orang Arab memang ingin membuang orang-orang Yahudi, atau orang Yahudi ingin menghabisi orang Arab, dibahas secara menarik. Dengan bahasa yang tidak banyak bermetafora, penulis menyajikan rangkaian peristiwa seperti Holocaust dan detail konflik Palestine-Israel secara lugas dan enak dibaca bagi siapapun.”

______________________________

Resensi di : Harian Singgalang : 20 Juli 2008

Penulis Resensi : Rifki Ferdiansyah, Dosen Bhs Inggeris, LP3I Bussiness College Cabang Padang,

Mantan Waratawan Mingguan SERAMBI MINANG

Belum Ada Tanggapan to “Konflik Palestina dalam Perspektif Baru”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: